Angkasa

Airbus A300 adalah sebuah pesawat terbang penumpang sipil (airliner) jarak dekat sampai menengah, berbadan lebar bermesin ganda (twinjet) yang diproduksi oleh Airbus, perusahaan yang didirikan oleh konsorsium Britania, Perancis, dan Jerman antara 1972 hingga 2006.

A300_Airbus_first_flight

Sejarah singkat

Pesawat A300 merupakan pesawat badan lebar bermesin ganda pertama di dunia. Dia menginspirasikan Boeing seperti Boeing 767 dan 777 dan membuat jalan untuk penerbangan ETOPS. (Extended-range Twin-engine Operational Performance Standards)

Pesawat jet ini terbang perdana untuk maskapai Perancis, Air France. Inovasi ini menandakan awal kesuksesan Airbus sebagai perusahaan pembuat pesawat kelas dunia. Mengetahui kesuksesan A300, Boeing meluncurkan Boeing 767, yang juga sukses di pasaran. Pada masa awal produksi, Airbus mengalami kesulitan untuk menjual A300, namun, seiring berjalannya waktu, pesawat ini mulai populer dan dibeli banyak maskapai-maskapai kelas dunia, terutama di Eropa dan Asia. Maskapai di Asia (dan sebagian Eropa) umumnya memanfaatkan A300 untuk penerbangan domestik dengan kepadatan tinggi atau penerbangan internasional jarak sedang.

Teknologi

Rekan Airbus menggunakan teknologi terbaru, beberapa diambil dari Concorde. Sebelum masuk pelayanan, pada 1974, A300 merupakan rancangan pesawat subsonik modern dan berpengaruh. Airbus A300 juga mempelopori kokpit penerbangan 2 orang (two-man crew cockpit), yang hanya terdiri dari pilot dan kopilot, menghilangkan peran flight engineer. Airbus A300 adalah pesawat badan lebar pertama yang menggunakan teknologi ini.

Varian

  • A300B1 (hanya 2 yang dibuat, 1 diantaranya adalah prototip)
  • A300B2 (versi produksi pertama, diluncurkan tahun 1974, Operator: Air France, South African Airways, Iran Air, dan lain-lain)
  • A300B4 (Paling banyak diproduksi, diluncurkan tahun 1975, Operator : Garuda Indonesia, Singapore Airlines, Lufthansa, Pakistan International Airlines,dan lain-lain.
  • A300-600 (Menggunakan badan bagian belakang dan ekor dari Airbus A310, Operator: Saudi Arabian Airlines, American Airlines, Korean Air, Japan Airlines, Singapore Airlines, Thai Airways International, China Airlines, Garuda Indonesia dan lain-lain)
  • A300B10 (versi pendek dari A300, kemudian menjadi A310)
Powerplants

Two 262.4kN (59,000lb) General Electric CF6-80C2A1s, or two 273.6kN (61,500lb) CF6-80C2A5s, or two 249kN (56,000lb) Pratt & Whitney PW-4156s or two 258kN (58,000lb) PW-4158 turbofans.

Performance

A300-600R – Max cruising speed 897km/h (484kt), long range cruising speed 875km/h (472kt). Range at typical airline operating weight with 267 passengers with 370km (200nm) reserves and standard fuel 7505km (4050nm) with CF6s, or 7540km (4070nm) with PW-4000s.
A300-600 – Range at same parameters 6670km (3600nm).
A300-600F – Range with max payload, and reserves 4908km (2650nm).

Weights

A300-600 – Operating empty with CF6s 90,115kg (198,665lb), with PW-4000s 90,065kg (198,565lb). Max takeoff 165,900kg (365,745lb).
A300-600R – Operating empty 91,040kg (200,700lb) with CF6s, or 90,965kg (200,550lb) with PW4000s, max takeoff 170,500kg (375,855lb), or optionally 171,700kg (378,535lb).
A300-600F – (CF6 powered) Operating empty 78,335kg (172,700lb), max takeoff 170,500kg (375,900lb).

Dimensions

Wing span 44.84m (147ft 1in), length 54.08m (177ft 5in), height 16.62m (54ft 6.5in). Wing area 260.0m2 (2798.7sq ft).

Capacity

Flightcrew of two. Typical two class arrangement for 26 premium class passengers at six abreast and 240 economy class passengers at eight abreast. The A300-600 and 600R can carry 22 LD3 containers in forward and aft belly cargo holds.
A300-600F total payload 55,017kg (121,290lb).

Production

A total of 334 A300-600s of all variants had been ordered by late 2002, of which 266 had been delivered.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s