Tahun 2016 SIM C akan dibagi 3 Golongan

Wacana soal pembagian golongan pada Surat Izin Mengemudi (SIM) C yang sempat digulirkan pihak Korps Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Mabes Polri, Mei lalu, tampaknya serius.

Sama seperti negara-negara maju lain, biker yang mau memiliki SIM C nantinya punya golongan sepeda motor tertentu yang bisa digunakan. SIM C tidak lagi berlaku umum untuk seluruh jenis sepeda motor yang ada di pasar.

Kombes Pol Unggul Sedyantoro, Analis Kebijakan Madya Bidang Dikmas Korlantas Polri menjelaskan, peraturan tersebut sampai saat ini masih dalam tahap pengkajian. Tapi ditargetkan April 2016 mendatang sudah bisa diimplementasikan di Indonesia.

  1. SIM C untuk motor 250cc kebawah
  2. SIM C1 untuk motor 250cc-500cc
  3. SIM C2 untuk motor diatas 500cc

Yang jadi pertanyaan bagaimana nanti sistem pelaksanannya, apakah biker yang memiliki motor kapasitas mesin diatas 500cc harus punya tiga SIM tersebut.

misal biker ini di rumah punya motor honda supra, Ninja 300 dan YZF-R1, apakah biker ini harus punya tiga jenis SIM C atau cukup SIM C kategori diatas 500cc saja kalau begitu kan lebih efisien. kalau harus punya tiga kategori SIM C tersebut ya pastinya dompet bisa tebel karena isinya 3 kartu SIM C belum lagi kalau biker ini juga punya mobil yang harus punya SIM A … tambah tembel lagi dech nich dompet.

— dari berbagai sumber

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s